Minggu, 03 April 2011

SEHAT DENGAN BAHAN ALAMI

MASKER WAJAH :

     Masker berfungsi membuka pori-pori wajyh yang tersumbat, menangkat kotoran di wajah, melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Perawatan ini bisa dilakukan 1 - 2 kali dalam semonggu. Sebelum mengaplikasikan masker, kenali dulu jenis kulit kita.
.
KULIT BERMINYAK
    Ciri-cirinya di sekitar daerah T(dahi, hidung, dan dagu) serta bagian bawah tulang pipi meneluarkan minyak. Umumnya jenis kulit ini mudah berjerawat. masker ini cocok kulit berminyak antara lain:
  • Masker Putih Telur
Cara: Kocok 4 butir telur(diambil putihnya saja) hingga kaku, masukkan setengah sendok teh madu. oleskan pada wajah kurang lebih 10 menit sampai mengering. setelah itu cuci muka dengan air hangat dan bilaslah dengan air dingin.







  •  Masker Tomat
Cara membuatnya: Kupas kulit 1 buah tomat, kemudian haluskan. cmpur dengan 3 sendok makan tepung maezena hingga rata. Bubuhkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air hangat.






 KULIT KERING
      Cirinya kulit berwarna kusam, bersisik dan terasa gatak. Keadaan pori-pori kulit sering tampak layu, kasar, serta keriput. Masker untuk kulit kering antara lain:
  • Masker Susu
Cara membuatnya: Campur 2 sendok makan susu bubuk dengan 1 sendok teh asam borat(borid acid), serta 5 tetes minyak zaitun. kocok hingga rata. Lulurkan ke seluruh wajah sampai leher, biarkan hingga mengering.







  • Masker Alpukat
Cara membuatnya: Haluskan 1 buah alpukat, campur dengan 1 kuning telur dan 5 tetes madu. Oleskan pad wajah, biarkan sampai mengering kira-kira 15 menit.






  • Masker Pisang
Cara membuatnya: Haluskan 1 buah pisang yang suda masak, campur dengan 1 butir kuning telur hingga rata. Aplikasikan pada wajah dan biarkan mengering, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat, dan akhirnya dengan membilas wajah menggunakan air dingin. 






KULIT NORMAL
      Ciri-cirinya tekstur kulit lembut, lembab, tidak terlihat minyak yang berlebihan, juga tidak terlihat kering. Masker untuk kulit kering antara lain:
  • Masker Wortel
Caranya: Parut 1 buah wortel, campur dg 1 sendok teh madu. Aduk rata. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering. Kemudian bersihkan dengan air dingin.






  • Masker Madu
Caranya: 2 sendok makan madu, dipanaskan. Tunggu hingga dingin, lalu oleskan pada wajah hingga kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat.






  • Masker Papaya
Khasiatnya untuk menghilangkan jerawat.
Cara membuatnya: haluskan papaya secukupnya dg blender, kemudian campur dg perasan air jeruk nipis secukupnya.Tempelkan pada wajah selama 15-20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat, menggunakan wash lap.


  • Masker Nanas

    Bermanfaat untuk menyegarkan kulit.
    Cara membuatnya: kupas nanas dan parut. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 5-10 menit, setelah kering lalu bersihkan.



    •  Masker Anggur
    Fungsinya untuk mengurangi kerutan pada wajah.
    Cara membuatnya: potong buah anggur maenjadi 2 bagian, lalu oleskan potongan tersebut(dengan bagian yang berair bersentuhan dengan kulit wajah) pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

    0 komentar:

    Posting Komentar